5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental dan Cegah Gangguan Jiwa

Home » Artikel » 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental dan Cegah Gangguan Jiwa
018379200_1620640506-portrait-happy-beautiful-happy-youngwoman-relaxing-park-joyful-female-model-breathing-fresh-air-outdoors-enjoying-smell-flower-spring-summer-garden-vintage-tone_1423-707

Angka kasus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Kulon Progo menduduki peringkat kedua nasional dan pertama di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap tahun, jumlah kasus ODGJ bahkan terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Dikutip dari berbagai sumber,  angka gangguan jiwa berat di Indonesia sebesar tujuh permil atau tujuh kasus per 1.000 orang. Di DIY, angka gangguan jiwa 10,36 permil dan dan di Kulon Progo sebesar 19,36 permil.

Sementara prevalensi gangguan mental emosional di DIY sebesar 10,27 persen dan Kulon Progo 12,1 persen. Tingginya kasus gangguan jiwa menimbulkan keprihatinan terhadap kesadaran kesehatan mental atau jiwa pada masyarakat.

Gangguan jiwa dapat dihindari dan dicegah secara alami dan mandiri. Berikut lima cara mencegah gangguan jiwa dan menjaga kesehatan mental.

1. Olahraga

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin diketahui bisa membantu otak melepas senyawa kimia yang bisa memperbaiki suasana hati atau mood. Kondisi tersebut membuat tubuh menjadi rileks dan mencegah munculnya gejala gangguan mental seperti stres, Depresi, dan gangguan kecemasan.

Olahraga juga dapat meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinerfrin yang bisa meredakan depresi. Aktivitas fisik juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat memunculkan perasaan positif sehingga kesehatan mental bisa terwujud.